Dirimu adalah musuh terkuatmu

Barang siapa yang menyangkan bahwa ia memiliki pelindung lebih kuat dari tuhannya, maka ia baru sedikit mengenal tuhannya, dan barang siapa yang merasa memiliki musuh lebih kuat dari dirinya sendiri maka baru sedikit ia mengenal dirinya..

Diri sendiri, hati, dan pikiran, adalah hal yang paling kuat dari yang harus dilawan, melawan diri sendiri adalah hal yang sulit harus dilakukan, karna kita akan bergelut dengan sesuatu yang tidak nyata, dan terus berada dalam diri kita. 

Ketika kita beridiri, duduk, berjalan atau berlari, ia takkan pernah berpaling dari diri kita, yach. karna dia dalah diri kita sendiri. sebuah hati yang ikhlas, dan mengembalikan segala sesuatu hanya kepada Allah, tuhan yang menciptakan manusia dengan muhabbahnya, kecintaanya kepada manusia, 

Hati manusia yang membedakan kita dengan malaikat, dan dengan mahluk lain ciptaan tuhan, hati mampu berjalan dengan sendirinya, karna itu manusia adalah disebut sebgai mahluk ciptaan tuhan paling sempurna, karna ia memiliki hati yang tidak dimiliki oleh mahluk ciptaan tuhan lainnya.

Hatimu itu adalah dirimu sejatinya, ruh adalah wadah halus yang diciptakan dan takkan pernah mati, jasad adalah bentuk kasar dari wadah ruh yang fana dan akan binasa. Otak atau firkiran itu ibarat kuda yang dikendarai oleh hati.

Kenalilah dirimu, karna ia adalah musuhmu, musuhmu adalah segala sesuatu yang akan membawa ia kedalam kesengsaraan yang diracuni oleh syaitan.

Syaitan cendrung merusak hati manusia, karna dengan merusaknya, cahaya hati akan memudar, seperti sebuah pantulan cahaya akan redup ketika banyak noda dalam hatinya, kepala ( otak ) akan kebingungan, sehingga ia rentan melakukan hal hal yang dilarang Allah SWT.

Untuk itu, jagalah dirimu ( Hatimu ) dari apa yang akan menutupinya, karna jika hatimu sudah tertup dengan debu debu , ia akan menjadi musuhmu.. hari ini dan kelak ketika di akhirat.


1 Komentar untuk "Dirimu adalah musuh terkuatmu"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web