Konsumen Itu Bukan Raja Tapi Saudara

Hi sobat blogger.. kali ini saya ingin menyampaikan sebuah opini mengenai tanggapan saya tentang Costumer atau konsumen dan bisa juga disebut pelanggan, Sebuah kata bijak mengatakan bahwa Konsumen itu adalah Raja, dan kita sebagai marketing itu adalah Budak atau pesuruh, atau pelayan bagi sang Raja.

Akan tetapi menurut saya Konsumen itu adalah Saudara kita, saya kurang setuju jika Konsumen itu adalah raja, karna dengan beranggapan bahwa konsumen itu adalah Raja, jarak antara Raja dan Pesuruh itu amatlah jauh, sedangkan yang kita butuhkan dalam pelayanan Konsumen itu diutamakan adalah Pendekatan kita terhadap Konsumen tersebut.

Dengan mengatakan konsumen itu adalah raja, berarti kita telah melakukan kesenjangan sosial antara Konsumen dan Marketing, dengan jauhnya kesenjangan sosial itu, maka pendekatan itu sulit untuk dilakukan.

Dari pengalaman saya sebagai seorang Marketing, pendekatan secara emosiaonal itu jauh lebih ampuh dibandingkan dengan pendekatan secara BOMBASTIS dalam artian memberikan iming iming kepada Konsumen atau calon pembeli.

Karna hal utama yang paling kita butuhkan untuk mendapatkan kepercayaan dari seorang konsumen adalah Kepercayaan, dan apakah kepercayaan itu mudah didapatkan dari seorang Budak ataukan dari Saudara kita sendiri ?

Pendekatan secara individu sangat ditekankan dalam mendapatkan simpatik dari Konsumen, kedekatan secara emosional akan kita dapatkan jika kita mampu berperan sebagai seorang yang dekat dengan kita, dalam konsep ini saya mengaambil kedekatan kita sebagai seorang Saudara, bukan sebagai Antar Raja dan Budak atau Pesuruh.

Pikiran utama seorang calon pembeli saat datang kedalam TOKO ata showroom kita adalah 60% mereka berfikir Apakah toko ini bisa dipercaya apa tidak ??? Apakah mereka akan memberikan yang terbaik sesuai dengan apa yang saya inginkan apa tidak ?? apalagi jika seorang calon pembeli itu belum memahami betul apa yang mereka butuhkan.

Karna sering setelah saya melakukan pendekatan secara Individual seorang calon pembeli itu mengatakan kepada saya.
Saya percaya kepada Anda, Jadi saya harakpkan Anda memberikan yang Terbaik Untuk saya.

Untuk menguatkan opini saya ini, saya ingin menanyakan kepada sobat blogger semua, mana sobat lebih percaya kepada Budak yang baru saja sobat temukan atau kepada saudara yang baru saja sobat temukan ??
0 Komentar untuk "Konsumen Itu Bukan Raja Tapi Saudara"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web