Apa itu bandwith ?

Bandwith
Sebagian besar perusahaan hosting menawarkan berbagai pilihan bandwidth dalam rencana mereka. Jadi sebenarnya apa yang dimaksud dengan bandwidth katiannya dengan web hosting? Sederhananya, bandwidth adalah jumlah lalu lintas yang diizinkan antara situs web dan situs lainnya dari internet. Jumlah bandwidth yang dapat diberikan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik untuk internal maupun eksternal ke data center publik internet. Namun bandwith sendiri memiliki berbagai macam pengertian (kontekstual), diantaranya :

Konektivitas jaringan

Internet, secara simpel adalah sekelompok jutaan komputer terhubung dengan jaringan. Sambungan ini dapat besar atau kecil, tergantung dari kabel dan peralatan yang digunakan di lokasi tertentu. Ukuran setiap koneksi jaringan yang ada menentukan seberapa banyak bandwidth tersedia. Misalnya, jika kamu menggunakan koneksi DSL untuk terhubung ke internet, kamu memiliki 1,54 Mega bit (Mb) bandwidth, maka bandwidth diukur dalam bit (satu 0 atau 1). Bit dikelompokkan dalam satuan byte yang berupa kata, teks, dan informasi lainnya yang ditransfer antara komputer dan internet.

Jika kita memakai DSL untuk terkoneksi ke internet, kita telah memiliki bandwidth yang terdedikasi (dedicated) antara komputer dengan internet. Tetapi ISP kamu mungkin memiliki ribuan koneksi DSL ke lokasi mereka. Semua koneksi ini terhubung ke ISP yang menggunakan melalui jalur dedicated juga (atau beberapa sambungan) yang jauh lebih besar daripada yang kamu gnakan. Mereka harus mempunyai cukup bandwidth untuk melayani kebutuhan komputasi untuk semua pelanggan. Jadi, sekalipun kamu memiliki 1.54Mb koneksi ke internet selular, ISP kamu mungkin memiliki 255Mb koneksi ke internet sehingga dapat mengakomodasi kebutuhanmu dan juga 166 pengguna lain (255/1.54).

Lalu Lintas

Analogi yang sangat sederhana untuk bandwidth dalam konteks lalu lintas adalah seperti kendaraan di jalan raya. Bandwidth adalah lebar jalan dan lalu lintas adalah jumlah kendaraannya. Jika kita adalah satu-satunya pengendara di jalan raya, perjalanan dapat ditempuh dengan sangat cepat. Tapi jika kita terjebak ditengah kemacetan, perjalanan kita mungkin akan sangat lambat karena semua jalan dipenuhi juga oleh kendaraan lain.

Lalu Lintas adalah jumlah bit yang ditransfer pada koneksi jaringan. Untuk mempermudah saya akan memberikan contoh kecil, Satu Gigabyte = 2 pangkat 30 (1073741824) byte. Satu GB = 1024 megabyte, kita anggap saja diperlukan satu byte untuk menyimpan satu karakter (untuk mempermudah analogi). Bayangkan 100 file kabisnet di sebuah bangunan, masing-masing kabinet terdapat 1000 map. Setiap map memiliki 100 kertas. Setiap kertas berisi 100 karakter – 1 GB adalah semua karakter dalam bangunan itu. Sebuah lagu MP3 biasanya berukuran 4 MB, lagu yang sama dalam format WAV mencapai 40MB, sebuah film panjang yang komplit mencapai 800MB sampai 1000MB (1000MB = 1GB).

Jika kita ingin mentransfer lagu MP3 ini dari situs Web ke komputer (download), kita akan membuat lalu lintas sebesar 4MB antara situs web dengan komputer, tergantung pada koneksi jaringan antara web dan situs internet, transfer mungkin terjadi sangat cepat, atau bisa saja sangat lama jika orang lain yang juga men-download file pada saat yang bersamaan

Bandwidth dalam Hosting

Pada contoh di atas, kita diskusikan lalu lintas dalam hal men-download sebuah file MP3. Namun, setiap kali kita mengunjungi situs web, kita akan membuat lalu lintas, karena pada waktu membuka sebuah situs yang didalamnya terdapat file gambar, animasi flash, teks, dll akan di-download terlebih dahulu sebelum ditampilkan ke software browser (Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, Netscape, dll). Namun ukurannya mungkin lebih kecil daripada file musik

Sebuah halaman web mungkin sangat kecil atau besar tergantung pada jumlah teks dan jumlah dan kualitas foto terpadu dalam halaman web. Misalnya, halaman rumah untuk CNN.com adalah tentang 200KB (200 Kilobyte = 200000 byte = 1600000 bit). Hal ini biasanya besar untuk halaman web. Sebagai perbandingan, Yahoo’s home page sekitar 70KB.

Berapa banyak kah bandwidth yang cukup?

Tergantung (pasti kamu benci jawaban ini :D). Tapi ini bener loh, karena bandwidth akan menentukan harga dari hosting yang kita rencanakan, kita harus memikirkan berapa banyak bandwidth yang kita butuhkan. Kebanyakan hosting mengukur bandwidth yang kita gunakan dengan hitungan perbulan, sehingga kita harus memikirkan bandwidth yang dibutuhkan situs kita secara bulanan.

Jika tidak berniat untuk memberikan fasilitas men-download file dari situs Anda, formula perhitungan bandwidth yang gampang:


Rata-rata harian Pengunjung x Rata-rata Halaman Dilihat x Rata-rata Ukuran Halaman x 31 x Faktor Fudge

[(Rata-rata harian Pengunjung x Rata-rata Halaman Dilihat x Rata-rata Ukuran Halaman x) +
(Rata-rata harian File diDownload x Rata-rata Ukuran File)] x 31 x Faktor Fudge


Keterangan dari rumus diatas adalah :
  • Rata-rata harian Pengunjung – Jumlah orang yang diperkirakan akan mengunjungi situs kita, rata-rata ini harian. Tergantung selaris apa situs kita dikunjungi, dapat berupa angka 1 sampai 1000000.
  • Rata-rata Halaman Dilihat, jumlah halaman web yang kita harapkan untuk dilihat pengunjung. Jika kita memiliki 50 halaman web di situs, rata-rata orang hanya dapat melihat 5 halaman yang setiap kali mereka kunjungi.
  • Rata-rata Ukuran Halaman – Rata-rata ukuran halaman web kita, dalam Kilobyte (KB). Jika situs telah dirancang, kita dapat menghitung ini dengan mudah.
  • Rata-rata harian File diDownload – Jumlah download yang diperkirakan akan terjadi pada situs kita. Perhitungkan berapa banyak pengunjung dan berapa kali pengunjung menDownload file, rata-rata setiap harinya.
  • Rata-rata Ukuran File – Rata-rata ukuran file dari file yang bisa di-download dari situs kita. Mirip dengan ukuran halaman web, jika kita sudah tahu file yang dapat di-download, kita dapat menghitung ini secara langsung.
  • Faktor Fudge – Sebuah nomor lebih besar dari 1. Gunakan 1,5 untuk angka aman sebagai nilai tak terduga untuk perkiraan yang meleset 50%. Tapi kalo kurang yakin (kalau memang benar2 situs yang sangat penting) maka gunakan angka 2 atau 3 untuk memastikan bahwa bandwidth yang kita rencanakan tidak akan limit pada satu periode (bulan).
  • Biasanya, perencanaan hosting menawarkan bandwidth dalam ukuran Gigabyte (GB) per bulan. Satu bulan paling banyak adalah 31 hari, untuk itu dalam rumus digunakan rata-rata harian dan dikalikan dengan 31.

Catatan

Sebagian besar situs pribadi atau situs bisnis kecil tidak akan membutuhkan lebih dari 1GB bandwidth per bulan. Jika kamu memiliki situs web yang terdiri dari halaman web statis dan kemungkinan pengunjung yang mampir ke situs dalam hitungan hari tidak terlalu banyak, maka ambilah bandwidth yang kecil. Kadang jika kita menggunakan bandwidth yang melebihi perencanaan, Penyedia Hosting akan memberikan overcharge dan kadang ada yang memberi keterangan Bandwidth limit.

Jadi…. Seberapa besar bandwidth yang kamu butuhkan…?



Read more: http://ndri.info/ulasan-review/internet/apa-itu-bandwith-sebuah-teori#ixzz1bzN2FMzs
0 Komentar untuk "Apa itu bandwith ?"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web