Pengenalan CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.

Dengan CSS ini, kita bisa mengontrol/mengatur seluruh tampilan halaman web dengan hanya sebuah dokument CSS, biasanya ekstensi untuk file CSS adalah .css (dot css). Selain itu, CSS juga dapat menggantikan fungsi tabel dan dapat meminimalkan ukuran file HTML.

Pada perkembangannya CSS sudah masuk level 3 untuk sekarang, dimana dimulai CSS level 1 atau yang sering di sebut CSS aja, kemudian level 2 yang merupakan penyempurnaan dari CSS level sebelumnya, yaitu CSS level 1.

CSS merupakan alternatif bahasa pemrograman web masa yang akan datang, dimana mempunyai banyak keuntungan, diantaranya : - Ukuran file lebih kecil - Load file lebih cepat - Dapat berkolaborasi dengan JavaScript - Pasangan setia XHTML - Menghemat pekerjaan tentunya, dimana hanya membuat 1 halaman CSS. - Mudah mengganti-ganti tampilan dengan hanya merubah file CSS nya saja.

Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).
3 Komentar untuk "Pengenalan CSS"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web