Membuka Kekuatan Ingatan

"Aku masuk kedapur, dan tiba-tiba bertanya tanya mengapa aku kesana, apa yang sedang saya pikirkan ??""

Kini , seteah mencapai usaia pertengahan, aku tidak bisa mengharapkan ingatanku , kurasa orang seumurku memang sering pelupa"

Sobat bogger, orang dapat belajar hal yang berbeda, Kita bisa belajar menalikan sepatu, naik sepeda , mengetik, main piano dll, Daftar ini tak ada haibsnya, Namun, tidak ada satupun yang berguna kalau kita bisa mengingat apa yang telah kita pelajari, Tanpa ingata, kita akan harus mempelajari lagi semua keterampilan atau informasi setiap hari, seolah kita tak pernah mengalaminya sebelumnya, Otak ktia sobat yang seberat satu kilogram bisa menyimpan lebih banyak data daripada sebuah komputer standar, Tapi manusia, tidak seperti komputer, juga bisa lupa, Kita lupa ulang tahun , nomor telpon, nama, janji bertemu, dan masih banyak lagi,

Pada kesempatan ini , saya akan mencoba memaparkan akan memberi sobat  aspek aspek ingantan yang membantu sobat memahami penjelasan saya,

Ingatan adalah proses mental yang kompleks dengan berbagai sisi yang berbeda , memahami ketiga keterampilan ingatan dasar yang dilakukan otak sobata sangat penting, jika sobat ingin bisa memamfaatkannya semaksimal mungkin.

Riset modern mengidentifikasi tiga jenis ingatan, satu mengalami penurunan fungsi dengan bertambahnya usia,

Ingatan semantik mengacu pada pengetahuan umum dan data faktual yang sobat simpan di otak. Informasi yang sobat gunakan untuk menjawab kuis TV atau teka teki silang, adalah contoh ingatan semantik, Ingatan semacam ini bahkan bahkan meningkat selama hidup kita dan saat kita peroleh lebih banyak pengetahuan umum tentang dunia luar. Peningkatan semacam ini diperoleh mereka yang terus menggunakan pikiran secara aktif.

Ingatan imistit, tidak menurun seiring bertambahnya usia, tapi termasuk keterampian serperti mengetik, main piano, berenang dan naik sepeda.

satu satunya ingatan yang tampak menurun sejaan bertambahnya usia adalah ingatan Episodik. Ingatan ini mengacu pada pengalaman pribadi atau yang dialami sendiri, seperti minsalnya apa yang sobat makan kemarin siang, nomor telpon tetangga Anda, tempat rapat besok, dan tentu saja "Kenapa aku masuk ke dapur "

Nah pada kesempatan ini, saya akan mencoba sharing mengenai cara menghilangkan sedikit ingatan episodik tersebut. banyak starategi yang akan membantu sobat untuk menguatkan ingatan episodik ini.  dan akan saya bahas pada postingan selanjutnya. ditunggu aja yach..

tapi ada beberapa bocoran yang akan saya sampaikan pada postingan selanjutnya diantaranya adalah cara memperhatikan (register) menyimpan (retain) mengambil (tetrieve) cara kerja ingantan jangak pendek , caran ingatan permanen mengambil aih cara ingatan mengkodekan data, cara membedakan antara mengingat dan mengenai data. disini sobat akan melihat cara otak menggunakan mata pikiran untuk melalui kelima indranya, cara membangkitkna ingatan menggunakan warna, dan mempeajari enam cara menyingkirkan rintangan rintangan,
0 Komentar untuk "Membuka Kekuatan Ingatan"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web