Latihan Untuk Memperbaiki Ingatan Jangka Pendek

"Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki ingatan jangka pendek ?" adalah sebuah pertanyaan yang sering diajukan. Jawaban adalah belajar "Mengelompokkan". Indi adalah akemampuan mengelompokkan angak atau data yang panjang menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Sebagai contoh , sulit mengingat 109244153, tapi jika memecahnya menjadi tiga bagian, kita akan mendapat angka yang lebih mudah diingat, 109-244-153 . Hal yang sama berlaku pada nomor telpon. Anda tak mungkin ingat nomor pacar sobat .081907003338 (no hp saya yang ilang) dengan mudah dan tepat. Tapi jika sobat ingin memecahnya menjadi tiga bagian, Sobat akan mendapat 081-907-003-008 lebih mudah diingat kan. ?

Prinsip mengelompokkan yang sama juga berlaku bagi daftar kata, lihatlah daftar kata terisah ini :

meja, mawar, melati, gajah, harimau, kursi, anggerk, zebra

Coba sobat baca pelan-pelan, lalu pejamkan mata sobat untuk melihat seberapa kata yang sobat bisa ingat, Sekali lagi, tujuh adalah kapasitas rata rata bagi kebanyakan orang.

Sekarang , kita akan memilah kata-kata meneyebut pengelompokan kata seperti nama lain : kategori

Binatang : Gajah, Harimau, Zebra
Bunga     : Mawar, melati, anggrek, 
Mebel : Meja, Kursi, Rak buku.

Sobat bisa menginga ketiga kategori (kelompok) ini dengan lebih mudah daripada kesembilan kata acak tadi. Setiap kategori merupakan satu benda, Jadi sobat hanya mengingat tiga benda, Setiap kata dalam masing-masing kategori akan dengan mudah sobat ingat karena hanya ada tiga dan sobat bisa mengasosiasikannya.

Coba soabat blogger cari contoh daftar kata yang ingin sobat ingat, selamat mencoba.. salam blogger. senang bisa berbagi dengan soabat :-)
0 Komentar untuk "Latihan Untuk Memperbaiki Ingatan Jangka Pendek"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web