Cara Menyimpan Data Yang Anda Baca Dengan Lebih Baik

Pernahkah sobat berfikir, Ketika ditanya oleh seorang sahabat sobat tentang sebuah film yang sobat tonton 3 tahun atau 5 tahun yang lalau.. Alur cerita, Tokoh tokoh yang ada dalam flm itu dan akhir ceritanya, semua itu masih erat melekat dalam ingatan sobat. Dan apakah yang terjadi ketika sobat ditanya mengenai mata pelajaran yang diberikan oleh guru atau dosen tadi sebelum keluar main ?

Ehm.. terkadang kita melupakannya, melupakan pelajaran yang baru saja dijelaskan oleh guru dan mengingat film yang pernah kita tonto sekitar 3 atau 5 tahun terahir. Bisakah sobat menjawab apa penyebab dari hal itu ? Ok pada kesempatan ini , akan coba saya share di blog Opick Amikom ini.

Untuk meningkatkan tingkat penyimpanan (retention), Sobat harus melibatkan diri dalam prose membca, Kebanyakan orang tak bisa mengingat apa yang mereka baca karena tidak secara aktif terlibat dalam apa ang mereka baca.

Itulah yang kita mengingat kita apa yang kita tonton 3 atau 5 tahun lalau, karana kita melibatkan diri kita pada saat menonton film tersebut. dan itulah yang terkadang membuat kita menangis, tertawa bahkan muram sesuai dengan alur cerita dari film yang kita tonton tersebut.

Berikut adalah beberapa tips agar kita mampu melibatkan diri dalam membaca

  • Membaca adalah kegiatan yang aktif, bukan pasif, Hal ini tak terjadi begitu saja pada diri Kita , Kita harus "Menjadikannya".
  • Sebelum mengambil buku ata materi bacaan lain, tanyakan pada diri sendiri ap atujuan kita membaca. Apa yang sobat harapkan akan di dapatkan.
  • Ajukan pertanyaan pada diri sendiri saat sobat sedang membaca. Apakah tulisn itu mengandu hal hal yan gmembingungkan dan bertetangan ? Apakah penulisannya konsisten ?
  • Setelah selesai membaca , bertanyalah pda diri sendiri tentang detail bacaan itu. Apakah buku itu menambahkan pemahaman sobat tentang topik bahasannya ? Apakah ada pendapat hal hal baru
  • Buatlah komentar pada diri sendiri, dengan suara keras, tentang hal hal yang menurut sobat menarik atau layak dikutip.
  • Buat ringkasan per bagian. Bagaimana cara sobat menyingkat bagaian atau bab tertentu kedalam satu kalimat ? Ulang Bagian yang sudah dibaca.
Menggunakan Imajinasi

Pada saat membaca , guankan daya imajinasi. Tempatkan diri sobat dalam situsasi yan gdipaparkan. Semakin jelas sobat menempatkan diri dalam adegan yang digambarkan. Informasi yang sobat baca akan semakin melekat dalam ingatan.
Prinsip ini berlaku baik untuk fiksi mupun nonfiksi. Saat ingin mengingat apa yang sudah sobat baca, Sobat akan merasa lebih mudah melakukan dan lebih yakin karena telah ikut berpartisipasi dlam perose pemikirannya.

Sobat akan memerlukan tekni yang berbeda jika harus mengingat angak, tapi sobat akan mendapat bantuan khusus dalam hal ini di Postingan selanjutnya, ditunggu aja yach.. :D
0 Komentar untuk "Cara Menyimpan Data Yang Anda Baca Dengan Lebih Baik"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web