Cara Menguasai Ingatan

Langkah pertama dalam mengingat apapun adalah memperhatikannya, sebagai contoh, seorang pramusajai ceria mendekati meja sobat blogger di sebuah restoran, dan memperkenakan diri sebagai Diane, Sobat asyik membaca menu, Beberapa menit kemudian , ketika dia membawa pesanan yang salah,  sobat tidak lupa namanya, sobat tak pernah memperhatikan namanya, bagaimana sobat dapat mengingat sesuatu yang tidak sobat perhatikan ??

Perhatian adalah suatu jenis masukan . Jika sobat melewatkan inputan dan tidak memasukkan nama informasi yang sobat dengar ke dalam ingatan karena tidak memperhatikannya, takkan ada yang bisa di ingat Sobat harus menginput atau memperhatikan hal hal yang ingin sobat ingat, perhatikan ketidak mampuan kita mengingat nama sering kali terjadi karena kita tidak memperhatikannya.

Konsentarasi adalah satu lagi unsur perhatian. Pikiran yang bebas dari gangguan suatu kekhawatiran, suasana hati yang santai, secara fisiki atau mental , semua sangat mendukung kemampuan sobat berkonsentrasi pada yang ingin sobat ingat. Jika semua kondisi ini tidak ada, bukang ingatan sobat yang salah, jika sobat tidak bisa mengingat.

CARA MENYIMPAN INFORMASI MASA DEPAN.

 Jika sudah memperhatikan sebuah nama, Informasi atau keterampilan. sobat lantas ingin menyimpannya untuk masa depan. Inilah yang disebut penyimpanan .

Saat memperhatikan data di bank, ingatkan untuk disimpan, sobat tidak bisa melemparkan masuk begitu saja seolah oatak sobat adalah Taman mini Indonesia Indah. bayangkan rasanya mencoba menemukan nomor tepon dokter sobat yang dituis diatas secarik kertas dan dilemparkan kedalam hutan belantara yang sangat Luas, Kita memerlukan patokan atau peralatan lain untuk membantu kita menyimpan semua informasi yang kita perhatikan.

Orang yang rapi akan menyimpan informasi lebih baik daripada orang yang tidak rapi. Jika doketer sobat praktek pada malam kamis, simpalah informasi itu dalam lemari arsip mental sobat kunci dengan benar dan dalama map yang tepat. Kamis malam juga  merupakan saat pasangan sobat main boling, Atau, Biasanya dia praktek sampai malam pada hari selasa, tapi hari Kamis lebih baik untukku, Dengan melakukan ini sobat, sobat sudah mengambil langkah pertama untuk membuat asosiasi.

Tahap penyimpanan dalam ingatan diperkuat oleh minat , pengamatan, asosiasi, dan pengulangan, Hanya satu atau dua kali mempelajri sebuah istilah, daftar harga, angak saham, atau nama supaya bisa iingat TIDAK, cukup untuk menyimpan yang baik. Data harus dilatih, diulang, atau bahkan dipelajrai lagi jika ingin diingat dengan benar , Pemakaian teratur data yang sudah dipelajari juga memperkuan penyimpanan.

Pemanggilan (retrieval) adalah proses memanggil informasi dari ingatan saat kita membutuhkannya, Saat ingat sesuatu , kita telah memanggilnya dari tahap penyimpanan ingatan. Hal ini menjadi lebih mudah jika kita mengklafikasi atau mengkategorisasi data atau saat kita memempatkan dalam bank ingatan sobat. Dengan demikian kita punya berbagai petunjunk yang bisa membantu kita mengakses informasi itu, Satu cara yang baik untuk memanggil sebuah ingatan adalah dengan mengingat semua atau sebagaian kode yang digunakan untuk menyimpannya.

Sebagai contoh, sobat dan teman sobat senang ngeblog, dimana huruf B adalah logo dari blogger, diamana setiap huruf B maka sobat mengingat blogger, blog walking, saling follow sama sobat blogger, dan banyak lagi aktifitas ngeblog akan muncul pada saat sobat melihat huruf B. Pemanggilan adalah hasil akhirnya, Jika sudah memperhatikan dan menyimpan informasi dengan benar, sobat takkan mendapat kesuliatan memanggil data itu saat memerlukannya, Kadang sobat akan mengalami sindrom di ujung lidah. Ini adalah pengalaman seseoran gmencoba memanggil satu kta atau nama terterntu tapi tak bisa sepenuhnya mengingatnya, Munkin sobat tahu huruf pertamanya , persamaan bunyinya, atau jumlah suku katanya, tapi kata atau namanya sendiri tidak sobat ingat, Kita akan bahas persoalan ini pada postingan yang lain.. hehehe.
2 Komentar untuk "Cara Menguasai Ingatan"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web