Cara Mempertahankan Data Penting dalam Ingatan Permanen

Sobat mempunya hal penting dalam hidup sobat yang harus sobat tetap ingat, entah itu kode brankas, atau hari ulang tahun pacar, atau apa ?

Berikut ada lima cara yang bisa sobat lakukan agar tidak melupakan apa yang sobat sudah simpan dalam ingatan soabt.

Pertama :

Gunakanlah supaya tidak hilang
. Ingatan meningkalkan jejak dalam otak yang lama lama pudah seiring beerlalunya waktu, sobat lupa sebuah data karena tidak menggunakkknya , Sobat bisa memanggilnya dengan mengulang, menggunakan, atau melatih data yang ingin sobat ingat.

Kedua:
Pertahankan minat
. Orang sempurna mempunyai minta dalam berbagai bidang. Kecendrungan alami kita adalah mengingat apa yang membuat kita tertarik. Kita ingat apa yang ingin kita ingat. Jadikanlah hal itu lebih menarik atau semakin berharga untuk sobat. maka ingatan sobat tentang hal itu pun akan melmabung tinggi.

Ketiga:
Jadikanlah hal itu berarti.
Jika tak masuk akal, hal itu akan sulit dipelajari. Jika berarti bagi sobat, hal itu akan lebih mudah dipelarjai. Kalau sesuatu tak punya arti yang berharga bagi sobat, maka sobat akan mempelajarinya dengan cara
menghafal
. Ingatan hafalan sangan membosankan, seperti belajar perkalian disekolah.

Keempat:
Cari Kaitannya.
Sobat tahu sebuah kata atau nama disimpan dalam ingatan permanen, tapi sobat kesulitan mengeluarkannya, Sobat tidak bisa mengingat nama pemeran utama wanita dalam sebuah film yang sobat tonton tahun lalu. Dlam teknik ini, kita memikirkan semua yang berkaitan dengan nama aktris tiu: pemain pendamping, judul film, teman sobat waktu menonton film itu, nama bioskopnya, alur ceritanya, nama karakter dalam film itu, wajahnya, film lain yang diperankan aktris itu, dan sebagainnya, Sama saja denan langkah-langkah yang sobat ambil saat mencari kacamata soabat yang salah taruh. Kadang kita menyebut cara ini
elaborasi verbal.

Kelima:
Santai dan tarik nafas panjang.
Segala macam situasi yang menekan bisa menganggu ingatan. Obat penawaranya adalah bersikap santai. Itu sebabnya bebrapa menit setelah mengumpulkan kertas ulangan. seseorang siswa ingat jawaban soal yang tadi tak bisa dikerjakannya. Tekanan yang dialaminya berarti dan ingatannnya kembali. Orang orang yang berpidato di depan publik biasanya ingat butir butir penting yang harus mereka sampaikan, setelah pidatonya selesai dan mereka sudah duduk.

Menarik napas dalam dalam, merenggangkan tubuh, dan memejamkan mata bisa membantu memanggil informasi yang sobat tahu ada dalam ingatan sobat.

Ok sudah cukup beberapa tips cara mempertahankan data penting dalam ingtan permanen, silahkan dicoba dan semoga bermamfaat. :)
0 Komentar untuk "Cara Mempertahankan Data Penting dalam Ingatan Permanen"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web