Cara Membaca Secara Efesiensi

Speed Reading
Membaca secara efesiensi memang sangat diperlukan, apalagi buat sobat blogger yang tidak mempunyai waktu banyak untuk menghabiskan waktu sobat di depan buku untuk membaca buku yang sangat tebal. membaca secara efesiensi irit waktu memang diperlukan. Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin membagi tips kepada sobat, bagaimana cara membaca secara efesiensi.

1. Pilih materi bacaan sobat dengan teliti. Jangan membuang waktu dengan membaca buku yang mamfaatnya meragukan. Lihatlah apa yang ingin nsobat baca sebelum memulai membacanya,

2. Hapuskanlah kebiasaan buruk, Jangan menggerakkan mulut saat membaca tanpa suara atau membaca kata perkata secara terppisah.

3. Berusahalah memperluas wawasan bacaan sobat, jangan membatasinya pada suatu bidang yang sempit, Carilah daftar buku terlaris fiksi maupun non fiksi, untuk mengertahui apa yang dibaca masyarakat di Indonesia.

3. Waspadalah terhadap perubahan alur berfikir penulis, hati hati terhadapa kata kata seperti, sebagai contoh, tapi, karena itu, meskipun, walau begitu, Ini pertanda si penulis akan menyakinkan gagasan yang berlawanan,

5. Lihat judul , sub judul, dan materi visual yang memungkinkan disisipkan dalam teks, Carilah hal hal ini sebelum sobat mulai membaca sebuah bab atau artikel. Semua ini akan menentukan irama pembaca sobat memberi sobat kerangka perpikir yang tepat.

6. Ketahuilah dengan pasti informasi apa yang sobat cari ketika membaca faktual, Persiapan pertama di mukan, Umpankan sobat akan mewawancari sang penulis setelah sobat selesai membaca sebuah buku atau artikel, Apa yang akan sobat tanyakan kepadanya,.

7. Cobalah memahami secara keseluruha, Cri pokok pokok pikirannya . Jangan terjebak dalam detail.

8.Pusatkan dengan apa yang sobat baca, singkirkan gangguan. Pusatkan pikiran pada pesan penulis.

9. Jangan emngorbankan pemahaman demi kecepatan membaca, Pasti sobat mengerti apa yang sedang sobat baca sebelum meneruskan.

10. Ajukan pertanyaan pada diri sendiri . Uji pengertian sobat sendiri terhadpa kata-kata dan pendapat penulis.

11. Visualisasikan pokok pikiran penulis saat sobat membacanya, sehingga singkatkanlah menjadi judul judul pendek. "Lihatlah" dalam mata pikiran sobat :)

dan yang terakhir 12. Catat apa yang sobat baca, aturlah catatan sobat supaya bisa dipakai sebagai acuan diamasa depan saat sobat memerlukannya. dan Baca secara berkala suapaya sobat semakin ingat. ;)

Semoga bermamfaat.
0 Komentar untuk "Cara Membaca Secara Efesiensi"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web