Sekilas Tentang E-mail dan Lambangnya

Surat Elektronik atau pos elektronik dalam bahsa Inggris disebut e-mail. Pengertian e-mail adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet.

Dengan surat biasa, umumnya pengirim perlu membayar biaya per pengriman (dengan membeli prangko) Tetapi, surat elektronik hanya membayar sumbangan Internet, kecuali pengiriman melalui handphone, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman, maksudnya bayar pulsa sesuai Kb yang kita gunakan.

 E-mail sudah dipakai sejak tahun 1980-an, e-mail sudah dapat dinikmati oleh halayak umum. Hal ini mengakibatkan banyak perusahaan pos mengalami penurunan. karna masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Agar dapat menggunakan e-mail, maka seseorang harus mempunyai alamat e-mail dahulu. Anatomi e-mail adalah sebagai berikut.

opick_amikom@yahoo.com

Keterangan :
opick_amikom@yahoo.com adalah alamat emailnya.
opick_amikom adalah nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna username
yahoo.com       adalah mailserver tempat pengguna yang dituju
Siapakah penemu tanda @ at itu ?

Selanjutnya kita akan bahas mengenai lambang @ at yang ada pada email.

Apakah sobat mempunyai email ? yach.. tentunya jika kita memberikan alamt email kita kepada siapapun pastinya kita akan menuliskan tanda @ bukan ? Tapi, tahukah sobat penemu tanda @ tersebut ?

Penemu tanda @ pada email adal Ray Tomlison. Ia seorang insinyur. Ia bekerja pada sebuah organisasi bernama BBN. Di perusahaan itulah, pada tahun 1972, Ray berhasi menjadi orang pertama yang sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Tentu. pada masa itu , Ray belum berfikir bahwa email yang diciptakannya akan menjadi salah satu penemuan penting di dunia. Ia hanya berfikir bahwa memiliki lambang @ sangan membantunya sebab a untuk adress atau alama lembaga.

Sampai saat ini. lambang @ menjadi lambang yang sangat penting dalam dunia internet yang telah mengubah peta teknologi dunia secara umum.

Berikut saya akan bahas mengenai etika dalam mengirim e-mail.

Dalam mengrim e-mail ada bebrapa etika yang penting untuk kita ketahui. diantaranya adalah:
Pertama : jangan mengirim e-mail dengan attacmen atau lampiran yang terlalu banyak, lebih dari 512Mb. karan tidak semua mempnyai koneksi internet yang cepat,
Kedua    : Jangan mengirim lanjut (foward) surat elektronik tanpa berfikir kegunaan bagi orang yang di tuju.
Ketiga     : Selalu isi kolom subjec, jangan biarkan kosong.
Keempat : Jangan mengutip tulisan orang sepenuhnya, silahkan kutip yang merasa dibutuhkan saja.
Kelima : Dalam menjawab email seseorang , kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas, juga tidak memakan jatah akses penerima.
Keenam : Janga menggunakan huruf kapital, karan anda berkesan berteriak.
Ketujuh : Gunakanlah kata-kata yang sopan,
0 Komentar untuk "Sekilas Tentang E-mail dan Lambangnya"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web