Perbedaan antarantahu banyak dan banyak tahu

Pertanyaan ini awalnya sangat membingungkan saya.. dua kata diatas yang dibolak balik yang mempunyai makna yang jauh berbeda atara tahu banyak dan banyak tahu..

Berikut adalah ulasan singkat mengenai dua pengertian diatas :

Banyak tau :

Banyak tau disini disini artinya seseorang yang banyak mengetahui tentang banyak hal yang ada, kita ibaratkan kita di bangku pendidikan, dimana dari setiap mata pelajaran tersebut kita mengetahui semua tentang mata pelajaran yang diajarkan, contohnya adalah agama, matematika, bahasa, biologi, fisika, ekonomi dll.

Akan tetapi dari sekian banyak mata pelajaran tersebut kita tidak tahu banyak tentang mata pelajaran tersebut, contohnya dalam pelajaran Agama, OK kita banyak tahu tentang agama seperti kita harus solat saat waktu tiba ,puasa yang diwajibkan ketika bulan Ramadan dll, akan tetapi kita tidak tahu banyak tentang hal itu secara terperinci seperti mengapa kita diwajibkan solat , kenapa kita puasa dibulan ramadan , apa sejarahnya, apa asbabul nuzulnya, hadistnya apa, pewarinya siapa, dst..

Tahu banyak :

Tahu banyak disini dalam artian kita memahami betul dalam satu bidang mata pelajaran atau pekerjaan tertentu, kita ambil contoh seperti kasus diatas, mengenai agama, jika kita tahu banyak mengenai agama maka kita bisa menjawab secara rinci mengenai kenapa kita harus solat pada saat waktunya, kenap harus 5 kali sehari semalam, kenapa jumlahnya berbeda-beda dsb.


Mengenai contoh diatas anda bisa membandingkan dengan hal-hal yang mudah anda pahami.

Pekerjaan yang layak untuk orang yang tahu banyak dan banyak tahu.

Orang yang tahu banyak merupakan orang yang tidak fokus, tidak menguasai secara keseluruhan dari bidang-bidang yang mampu ia kerjakan. contohnya adalah seorang guru  Lulusan Tekhnik Komputer , semasa ia kulyah di Teknik Komputer tentunya mereka juga menerima mata kuliah multi media. akan tetapi tidak begitu mendalam dan terperinci hanya sekilas saja. saat mereka bekerja sebagai seorang guru dan dia diminta untuk mengajarkan mata pelajaran Multimedia ia akan menyanggupi. karna mereka tahu banyak tentang segala hal TAPI TIDAK SECARA MENDALAM.

Pekerjaan untuk orang yang banyak tahu.

Orang yang banyak tahu bisanya disebut sebagai pakar, Ahli dalam bidangnya, contohnya dalam bidang Multimedia. seorang pakar multimedia tentunya akan secara rinci menjelaskan pelajaran mengenai mutli media. pekerjaan seorang Ahli atau pakar tentunya memiliki gaji yang lebih besar daripad seorang guru lulusan Tekhnik Komputer.


Dilihat dari system pendidikan Indonesia, Negara Indonesia dalam memenuhi kurikulumnya, masih mengikuti system gado-gado, kenapa ?? karna saat melakukan penjurusan orang yang jurusan Teknik komputer tidak hanya mengenyam mengenai ilmu Tekhnik komputer saja akan tetapi masih banyak mata kulyah yang harus dipelajari di bangku kulyahnya.

Berbeda dengan system pendidikan Luar Negri. contohnya adalah ketika seseorang anak ingi bersekolah Sepak Bola. ya sudah.. mereka hari harinya menendang bola saja, tanpa harus mempeljari rumus kimia dst.

Jadi kita bisa simpulkan bahwa kita sebagai masyarakat indonesia adalah masyarakat yang banyak tau, bukan tahu banyak. sehingga sangat jarang orang indonesia mampu menciptakan atau melakukan expriment mengenai bidang yang digelutinya.

Bukan seperti orang luar Negri yang fokus terhadap suatu masalah sehingga banyak menciptakan expriment expriment yang menggemparkan duni.

Untuk itu jadilah orang yang tahu banyak, bukan orang yang banyak tahu. hehehe
0 Komentar untuk "Perbedaan antarantahu banyak dan banyak tahu"
 
Copyright © 2014 Opick Amikom - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web